123, Example Street, City 123@abc.com 123-456-7890 skypeid

Kamis, 18 April 2013

CERPEN: DETEKTIV DADAKAN


Detektiv Dadakan
Bima,Rui, dan Bokir. 3 sahabat yang selalu nyusain dalam segala hal. Bima, dari mereka bertiga memang hanya dia yang lumayan cakep tapi kekurangannya ia sering stress tiba-tiba. Rui, kalo dia paling hobi ngomongin teori tentang cinta apalagi sering ngomentarin kalo pasangan yang pacaran mesra-mesra itu bakalan cepet putusnya(gak masuk akal). Kalo Bokir, dia pindahan dari jawa karena ibunya jadi TKI oleh sebab itu dia dipindahin kejakarta, entah kenapa mungkin dia sering ngabisin jatah bokapnya , entahlah(lebih nggak masuk akal lagi).

Dikantin..
“Bim, gue denger-denger Si Rianti anak kelas X A kemaren kehilangan dompet dikelasnya. Apalagi dompetnya banyak uangnya lagi. Kasihan dia” Ujar Bokir ke Bima dengan logat jawanya yang sangat kental.
“hmm.. lu tau dari mana Kir? Kan lu kalo ngomong boong mulu. Udah 30 kali gue di boongin lu kir “ ujar Bima sambil menyedot es tehnya di meja kantin pak Towo.
“ Ah lu Bim gue ngomong bener-bener malah dikira boong. Kali ini gue gak boong Bim suer tekewer kewer inyong Bim” Ujar Bokir dengan senyum sok manisnya sambil mengangkat tangan membentuk pis ke arah Bima.
“Aduh Kir.. terus gue harus ngapain Kir kalo dompetnya Rianti ilang? Gue harus bantu dia ? oh nggak..nggak Kir gue males sama dia”
“Loh kenapa ? itung itung dapet pahala Bim” kata Bokir sambil menggenggam tangan Bima.
“DIHH..DIHHH apa apaan nih Kir? Sejak kapan lu Homo Kir? Nyebut Kir nyebut !!ini gue temen lu, Bima!!  ” Bima menarik tangannya yang tadi sempat di genggam Bokir.
“Yaelah gue juga masih normal kali Bim” ujar Bokir. “Bim..Bim liat Bim itu Rianti tuh!!” Bokir mengarahkan ibu jarinya kea rah Rianti yang sedang memesan minum di warung Mami.
“Rianti?” ujar Bima datar.
“Iya goblok Rianti !! masa mami ? “ Ujar Bokir dengan mendaratkan pukulan kearah kepala Bima.
“ kenapa lu pukul gue? Sakit Goblok “ tidak terima kelakuan Bokir. Bima membalas dengan menghempaskan tinjunya ke kepala Bokir. Terjadilah perang dunia di kantin.
JEGER!!!
“Awww.” Kepala Bima dan Bokir seketika beradu kencang.
“Lu berdua pada ngapain ? pake segala berantem kayak bocah Sd kelas 1 ajah yang lagi berebutan permen sugus” Ujar Rui sambil duduk ditengah tengah Bima dan Bokir seakan-akan tidak pernah melakukan apa pun satu detik yang lalu.
Bima dan Bokir dengan mata melotot memandang tajam Rui. Mereka Tidak terima perlakuan yang dilakukan Rui kepada mereka. Bima dan Bokir melayang kan bogem mentah keatas kepala Rui.
“AWWWWW kampret lu berdua” dahi Rui mengernyit sambil meringis kesakitan.
“HAHAHAHAHAH” tertawa geli Bima dan Bokir melihat Rui kesakitan.
Suasana sudah mulai tenang karena mereka bertiga menyadari kalau dari tadi tingkahlaku mereka diamati semua orang dikantin termasuk Rianti. Mereka tersipu malu melihat keadaan ini.
“Bro, kenapa orang-orang pada ngeliatin kita kayak bangke begini ya?” bisik Bokir lagi-lagi dengan logat jawanya yang kentel cenderung cair.
“au ah Kir pake nanya lagi lu!! Ayok kita ke kelas ajah dari pada kaya bangke gini kan” Bima segera menuju kelas dengan diikuti Bokir dan Rui.
Diperjalanan keluar kantin mereka masih saja disorot ribuan mata yang heran dengan kelakuan mereka. Melihat orang-orang masih melihat mereka dengan tatapan yang tidak wajar, Bima yang berjalan paling depan. Tanpa berpikir panjang ia segera mengambil langkah seribu.

Dikelas…
“HUHH.. gilak tuh emang orang-orang di kantin. Masa kita diliatin sampe begitunya” ujar Rui terpogoh-pogoh kecapean setelah lari lari tadi.
“elu si Bim pake lari lari segala, kan gue capek kalo lari lari” saut Bokir menyalahkan Bima.
“Loh ko jadi salah gue? Emang gue nyuruh lu pada ngikut gue lari-lari ? Gak kan? Jadi gue gak salah “ Ujar Bima membela diri.
“ udah !! berantem mulu lu berdua kayak kucing sama jerapah” Rui segera menengahkan Bima dan Bokir dengan penuh keganyambungan.
“eh geblek yang ada juga kucing sama anjing” ujar Bokir membenarkan katakata Rui.
“terserah gue bro gue mau kucing ama gajah juga terserah gue. Lu gak berhak mengganggu gugat” Medengar pernyataan Bokir, Rui menjelaskan panjang lebar dengan kesoktauannya. Sedangkan Bima hanya tersenyum kecil melihat keributan kecil antara Bokir dan Rui yang membahas topik yang gak penting seperti itu.
“Oia Kir , bim. Lu mau gak ikut gue jadi detektiv. Ntar kita usut tuntas kejadian kehilangan dompetnya Rianti itu tuh “ Ujar Rui sambil menatap wajah Bokir dan Bima dengan wajah mupeng(muka pengen)
“Lu juga tau masalah dompetnya Rianti, Ru? Tapi boleh juga tuh. Gue mau banget malah.” Bokir semangat mendengar tawaran dari Rui.
“Terus lu gimana Bim, mau juga kan?” kata Bokir ke Bima.
“Gue gak mau ah. Kalo gue bantu dia, ntar malah gue jadi flashback. Kalo gue flashback ntar gue jadi keingetan terus waktu gue nembak Rianti ditolak mentah mentah” Gak sengaja Bima curhat tentang kisah cintanya dengan Rianti. Padahal dia lupa kalo masalah ini harus dirahasiakan kesiapapun walupun itu ke Bokir dan Rui sahabat karibnya. Tapi semua itu sudah terbongkar oleh dirinya sendiri.
“HAHH?!!” teriak Bokir dan Rui berbarengan.
Kaget dengan apa yang iya katakan tadi,Bima sontak menampar-nampar wajahnya seperti habis hamilin anak orang tanpa tanggung jawab “APA YANG LU KATAKAN TADI BIMA? TOLOL LU BIM!!” bergumam Bima dalam hati sambil melotot kearah Bokir dan Rui.
Bokir dan Rui saling menatap lalu memindahkan pandangan mereka kearah Bima sambil memasang senyum monyet. Bima hanya bisa mengernyitkan dahi melihat apa yang akan dilakukan mereka berdua kepadanya.
“hahaha kalo lu gak mau ikut jadi detektif gue bakal ngebongkar kisah cinta tragis lu keseluruh sekolah .!!! Lu gakmau kan Bim?” ujar Bokir sambil menunjukkan senyum pahit parenya ke arah Bima.
“AHHHHHHHHHHH… temen macam apa lu berdua ??!!! “ teriak Bima sambil mengacak ngacak rambut mohawknya.
***
Penyelidikan dimulai jam 05.00..
Mereka bertiga melakukan penyilidikan pertama didalam kelas X A. Yang lain dan tidak bukan adalah kelas Rianti. Bima memeriksa kursi Rianti yang berada di pojok belakang kiri kelas. Bima sangat serius mengamati sekitar kursi yang Rianti tempati. Sedangkan Rui memeriksa kursi di sebelah kanan kursi Rianti. Rui mencari petunjuk-petunjuk yang akan digunakan untuk menjadi bukti.
“Woiiii bro gue nemuin sesuatu nih!!” Teriak Bokir dengan penuh keyakinan sambil lompat-lompat kegirangan di depan kelas bak dora yang telah menyelesaikan tugasnya.
Bima menghampiri Bokir. Tapi yang terlihat hanya penghapus dan Pensil fabercastle di atas meja guru.”Kirr..Kirr ibu lu ngasih makan lu nasi basi kali yak?. Pensil sama penghapus ini gak ada hubungannya sama dompetnya Rianti” ucap Bima tegas.
“emang iya yak? ” Ujar Bokir pura-pura bego.
“Woiii Bro serius nih gue nemu petunjuk. Kayaknya ini petunjukkanya sangat kuat” Teriak Rui dari kursi Rianti sambil menunjukkan penemuannya itu.
“hmmm gelang warna merah? Tapi gelang siapa ini? Apa mungkin gelang Rianti? Tapi sebagai orang yang pernah ditolak sama dia, gue gak pernah liat Rianti memakai gelang ini” Ujar Bima panjang lebar.
Dengan penuh kesoktauannya Bokir menarik gelang yang sedang di pegang Bima”kalo diliat liat gelang ini pasti dipake sama pemiliknya di pergelangan tangannya”. Ujar Bokir tanpa dosa.
“bodo ah. Kesimpulan lu gak bermutu Kir. Ayok bim kita kekelas ajah. Penyelidikan hari ini selesai” Rui berjalan keluar dari kelas diikuti Bima dibelakangnya.
“Woiii lu berdua tungguin gue” Ujar Bokir yang masih berdiri di sekitar tempat duduk Rianti.

KRINGG..KRINGG..KRINNGG

Bel tanda masuk sekolah pun berbunyi. Bima yang tidak menyerap pelajaran dari pak Toto hanya memutar-mutar gelang yang tadi ditemukan oleh Rui. Bima masih penasaran dengan gelang itu.
“sssttt..ssstt woiii Rui ,,Ruii ” Bisik Bima kearah Rui yang sedang serius menangkap materi pelajaran yang diberikan oleh pak Toto.
“Berisik lu ah Bim!!! ” Ujar Rui kesal.
“Ru, Gue punya ide nih “
“Ide apaan? Palingan ide lu nyuruh gue nemenin lu kekamar mandi biar ngabisin waktu jam pelajaran pak Toto kan ? Ngaku lu Bim!!” Ujar Rui sok tau.
“soktoy lu geblek!! Idenya itu tentang ini bukan keluar kelas. Gimana si lu kalo gue belom seleseai ngomong jangan langsung ngasih kesimpulan napa” Ujar Bima sambil menunjukkan gelang yang Ia pegang.
“BIMA RAJA ANTARA coba kamu jelasin apa yang bapak jelasin tadi?!!” Ucap pak Toto ke Bima.
Bima terkejut dipanggil Pak Toto“Mampus nih gue” ujar Bima dalam hati. Ketika Bima melihat ke arah Rui dan Bokir, mereka hanya tertawa geli melihat Ia gagap menanggapi pertanyaan Pak Toto.
“hhmm anu pak anu.. SSSaya gak tau pak” Bima menyerah dan menjawab seadanya.
“padahal niat mau mecahin masalah tapi malah timbul masalah. “MAAA TOLONGG BIMAAA” gerutu Bima dalam hati.
***


Sebelum penyelidikan hari ini. Mereka bertiga libur seminggu tanpa menyelidik dikarenakan libur kelas XII Try Out.

Pagi ini penyelidikan dilanjutkan lagi dengan ide dari Bima meletakkan gelang yang ditemukan Rui di atas meja Rianti seminggu yang lalu.
“Bim, ide apaan si nih ? gak masuk akal tau gak?” ujar Bokir sambil mengintip dari jendela bening di luar kelas,
“udah ntar lu liat ajah kir. Gue letakkin gelang itu di atas meja Rianti supaya nanti pemiliknya nanti  ngeliat. Pasti kan otomatis di ambil tuh. Kalo udah diambil sama pemiliknya langsung saja kita introgasi dia. oke? ” Bima menjelaskan panjang lebar yang belum tentu penjelasannya itu di mengerti oleh Bokir.
“oh” ucap Bokir singkat tanpa mengerti apa yang dijelaskan Bima tadi.
“Terus kita nunggu disini Bim ? di depan kelas Rianti ? Yampun Bim gak banget tau nggak nunggu nunggu gak jelas di depan kelas orang” protes Rui ke Bima.
“iya tuh Bim bener kata Rui ngapain kita disini,lebih baik cari tempat lain ajah” Bokir mencoba membantu Rui.
“lu berdua itu mau selesaiin penyelidikan ini gak si? Kalo kita nggak disini ntar yang ngeliatin gelangnya siapa? Tapi kalo lu berdua gak mau ngikutin ide gue yaudah gue berenti sampe disini ajah” Ujar Bima bentak bentak.
“iya bim maaf slow ajah kali. Mukanya nggak usah di lecek lecekin gitu. Kayak duit kuno muka lu kalo kayak gitu” ujar Bokir sambil menuju kebangku panjang terbuat dari kayu yang letakknya 1 meter dari keberadaannya tadi.
“nah gitu dong, kan yang mulai jadi detektif  lu berdua kan?” Ucap Bima sambil menghampiri bangku yang sedang Bokir tempati.
“iyaaa Bimaaaa chyangg”ujar Rui menghampiri Bima dan Bokir.

10 menit berlalu begitu cepat. Tanpa disadari mereka bertiga lupa kalau gelang yang tadi di letakkan di meja Rianti tidak ada yang mengawasi.
“Eh Bim, lu lupa yak?” tanya Rui memastikan Bima masih mengawasi gelang yang diletakkan di atas meja Rianti.
“Lupa apaan? Gue masih inget nama Gue Bima kan?” jawab Bima. Bima bener-bener lupa.
“Bukan itu maksud gue Bim. Lu masih inget gelang yang tadi kan?”
“masih lah !! emang ngapa si?” Tanya Bima heran.
“Bim, lu goblok yak? Itu gelang dari tadi nggak ada yang jagain” Ujar Rui sambil mengoyak badan Bima.
“AHHHH LUPA GUAA!!” teriak Bima sambil berdiri lalu mengarahkan tatapan matanya kearah meja Rianti yang kosong tanpa gelang di atasnya.
“Geblekk!! Bikin kaget gue ajah lu Bim” kesal Bokir mendengar teriakkan yang dibuat oleh Bima.
“gelangnya ilang, gimana nih bro?” Bima menyesal sambil menutup seluruh wajahnya dengan kedua tangannya.
“tuh kan ide lu gak cemerlang Bim !! gimana nih gelangnya? Masa kita harus beli di abang-abang kelotokan kan gak mungkin gelangnya juga sama?” Ujar Bokir lagi-lagi dengan penuh kesok bisaan.
“Bim..Bim  liat tuh liat” Ujar Rui ke bima.
“WOiii Ru!! Kenapa lu nggak manggil gue ” protes Bokir karena tidak disebut namanya oleh Rui.
“Berisik lu ah Kir, tuh liat gelangnya dipake sama Rianti” ujar Rui dengan penuh tanda tanya di wajahnya.
Bima hanya bisa menggaruk-garuk kepala seperti kera di kebun binatang. Apalagi dengan Rui hanya bisa diam tanpa kata(lagunya d’masiv). Mereka bingung kenapa gelang itu bisa berada dipergelangan tangan Rianti sekarang. Apa mungkin gelang itu punya Rianti? .
“DOORR!!” Bokir menghamburkan lamunan Bima dan Rui
“Bro, gue tau nih siapa yang mencuri dompetnya Rianti” Ujar Bokir. lagi lagi dengan kesoktauannya.
“apa Kir?” jawab Bima dan Rui lemas.
“pencurinya itu adalah Rianti sendiri!!” ujar Bokir dengan penuh kepastian sambil menepuk bahu Bima dan Rui.
“Lu yakin Kir?” ujar Rui seakan-akan percaya dengan ucapan Bokir tadi.
“yakin!! Percaya sama gue Bro. kali ini gue pasti gak salah. Sekarang kita harus buktikan dan tegakkan kebenaran ”(Bokir terlalu serius)

Bel istirahat berbunnyi. Bokir sangat semangat untuk menyelesaikan penyelidikkan ini sampe sampe dia lu menutup retsleting celananya. Sedangkan Bima dan Rui sudah mulai bermalas-malasan karena kejadian gelang tadi pagi.
“Ayok bro ikut gue kita tanyain tentang dompetnya itu langsung ke Rianti. Udah lu berdua gak usah pasang-pasang muka melas ke gue. Jijik tau nggak gue?” Ujar Bokir sambil menarik narik tangan Bima dan Rui.
“gue bisa jalan sendiri !!” Bima melepaskan tangannya dari tangan Bokir.
“Nah gitu dong Bim. Mana semangat lu yang kemaren? Ah cupu lu. Ganteng ganteng cupu. Sini dah muka lu gue bayarin”Ujar Bokir mengejek Bima.
“Udah ayok Kir banyak ngomong lu ah” saut Rui memotong pembicaraan Bokir.

Bokir menunggu di depan pintu kelas X A. Sedangkan Rui dan Bima hanya melihat gerak-gerik Bokir dari balik pintu kelas X B yang hanya berjarak 5 m dari tempat Bokir berdiri sekarang.
Dari kejauhan Rianti sedang menuju ke kelasnya sendirian. Semakin dekat,semakin dekat ke kelas dan semakin dekat juga dengan Bokir yang sudah menunggunya di depan pintu kelas.
Sekarang Rianti sudah berada dihadapan Bokir “Ehemm.. Rianti ya? ” tanya bokir basa basi sambil menjulurkan tangannya ke arah Rianti.
“iyaa aku Rianti? Kamu siapa ya? Ko jelek” tanya Rianti dengan penuh ejekan yang ditujukan ke Bokir.
Bokir pura-pura nggak denger apa yang dikatakan terakhir oleh Rianti tadi “mm aku Bokir anak kelas X C. Aku mau nanya nih bolehkan? ” Bokir mulai membuka pembicaraan tanpa menggubris ejekan Rianti.
“boleh..tapi lepasin dulu dong tangan kamu nih!!gak sopan!! ” Rianti sedikit kesal dengan tangan Bokir yang terlalu lama menggenggam tangannya.

Dibalik pintu kelas X B..
Melihat Bokir memegang tangan Rianti. Wajah Bima mulai memerah seperti HELLBOY “Sialan tuh Bokir, dia udah bisa megang tangan Rianti. Sedangkan gue yang hampir menjadi pacarnya aja belom pernah megang-megang tangan Rianti” ujar Bima sambil mengernyitkan dahinya.
“cemburu ajah lu Bim, lagian lu juga di tolak mentah-mentah ama dia masih ajah ngarepin. Kalo gue jadi lu mah malu. Gue bakal pindah rumah sejauh-jauhnya biar nggak ngeliat Rianti lagi tapi lu malah masih ngarepin ajah. Prihatin gue sama lu Bim ” ujar Rui panjang lebar mengejek Bima.
“eh panjul!! Ngapain juga gue pindah rumah cuman buat ngejauh dari Rianti. Tapi masih mending gue berani nembak Rianti. Lah elu? Sebelum lu nembak cewe palingan cewe yang lu mau tembak udah sakau duluan dengan busa dimulutnya gara gara lu mau nembak tuh cewe hahaha” balas Bima mengejek Rui.
“Sialan lu Bim!!” Rui kesal dengan menjitak kepala Bima.
“Aww sakit goblok!!” ujar Bima sambil membalas jitakan Rui.

Kembali lagi ke Rianti dan Bokir..

“Oia dompet kamu yang ilang itu udah ketemu ti?” tanya Bokir salting.
“dompet ? ko kamu nanya-nanya dompet aku?” Rianti tanya balik ke bokir.
“mmm..anu.. aku pengen tau ajah” kata bokir dengan penuh kesaltingan.
“oh.. udah ketemu ko dompetnya. Ternyata dompetnya nggak ilang di sekolah tapi ketinggalan dirumah” Ujar Rianti panjang lebar.
“bener kan yang gue duga hahaha pintar sekali kamu Kir” bergumam Bokir dalam hati.
“yaudah ya Rianti makasih udah mau gue interview “ Bokir melempar senyum asam kecutnya ke Rianti sambil berlari menuju Bima dan Rui.
“sama sama”  Senyum manis Rianti membalas senyum kecut Bokir.

Sampai dikelas. Bokir tidak melihat Bima dan Rui. Ia menunggu di kursinya sambil mengeluarkan handphonenya mencoba menghubungi Bima.
“Woiii Kir, sialan lu ya pake megang megang tangannya Rianti. Ini kan nggak ada di scenario. Gue yang mantan tolakkannya Rianti ajah belom pernah megang-megang .Nah elu siapanya dia udah berani megang-megang!! ” Teriak Bima dari depan kelas.
“hahaha lu mau nih wanginya? Nih..nih..nih” Bokir menjulurkan telapak tangannya kea rah Bima yang berdiri di depan kelas.
“ngelunjak lu Kir, sini lu gulat ama gue!!” Bima makin mendidih darahnya sambil menunjukkan kepalan tangannya ke Bokir dari depan kelas.
“gak takut bro. Nih wanginya nih wanginya! hahaha” Bokir menjulurkan lidahnya dari tempat duduknya.
“DIEMM lu berdua!! Dari saban hari kerjaannya ribut mulu. Oia Kir, gimana tuh dompetnya Rianti? ” Rui menengahkan mereka.
“oh Iya dompetnya Rianti. Lu berdua sini napa jangan di depan pintu gitu. Nggak enak ngmong jauh-jauhan” Ujar Bokir sambil melambaikan tangan menyuruh Bima dan Rui ke tempat duduknya.
Rui duduk disamping kursi Bokir dan Bima hanya berdiri dengan wajah kecut di samping Rui. Bima masih kesal dengan perilaku Bokir tadi “Nih jadi gini Ru. Dompetnya Rianti udah ketemu ”
“Hah? Udah ketemu?” ujar Bima datar.
“jadi siapa yang ngambil? Terus ketemu dimana?” ujar Rui lagi.
“nah gue demen nih lu nanya kayak gini Ru. Jadi ceritanya tuh Rianti lupa bawa dompetnya ke sekolah terus waktu di sekolah dia kira kalo dompetnya itu udah dibawa. Tapi pas dirumahnya. dia ngeliat dompetnya itu ada di meja belajarnya” Ujar Bokir panjang lebar.
“Jadi perjuangan kita dari saban hari itu nggak ada gunanya? Sia sia gitu ajah dong ?” Kesal Bima sambil memukul mukul tembok bak petinju crish john.
“Yaiyalah namanya juga detektiv dadakan maklumin ajah ada masalah teknis” Ujar Rui. “Yaudah yuk dari pada kita stress kayak Bima gitu mendingan ke kantin ajah yuk Kir. Sebentar lagi jam istirahat abis” Ujar Rui lagi sambil mengajak Bokir ke kantin.
“ayok Ru” jawab Bokir sambil berlari meninggalkan Bima yang asyik dengan temboknya.
“Woiiii gue ko ga diajak ? Sialan lu berdua!! ” Bima lari mengejar Bokir dan Rui.

TAMAT

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

Super Stars

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Post

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Friendzone