123, Example Street, City 123@abc.com 123-456-7890 skypeid

Minggu, 22 Desember 2013

Emak I Love You





Ibu. Wanita pertama didunia ini yang mampu gue sebut namanya. Walaupun sebenarnya saat itu gue manggilnya ‘emak’ bukan ‘ibu’. Maklum lah bukannya nggak bisa manggil ibu, tapi ini semua emang udah kodrat dari sononya.

Emak gue tergolong orang yang darahnya tinggi, mudah marah. Disenggol dikit marah. Dicolek dikit marah, sampe dicubit dikit langsung ngebacok (ini bercanda). Tapi emang bener sih emak gue paling hobbi marah. Setiap saat dia nggak pernah nggak marah. Sedikit saja gue ngelakuin kesalahan, dia pasti teriak dan bahkan banting piring plastik kelantai.

Gue nggak heran kalo setiap pagi beliau teriak  begitu keras sampe gendang telinga gue terasa pengen pecah seperti auman singa hanya untuk membangunkan gue pergi kesekolah dan nggak lupa juga untuk megingatkan gue solat subuh. Beliau peduli dengan gue walaupun caranya dia ke gue agak keras. Tapi itulah cara ibu gue. Setiap ibu pasti punya  caranya sendiri dalam mendidik buah hatinya.

Cara mendidik emak gue emang keras, seperti militer tepatnya. Namun gue nggak menyesalinya. Apalagi menyesali punya emak seperti emak gue sekarang ini. Malahan gue ngerasa seneng. Nggak jarang juga gue kangen dengan suara khasnya yang seperti singa kelaparan kalo pagi hari dia lagi nggak ada dirumah. Gue selalu sms beliau (nggak gue telpon karna hape gue speakernya rusak) dan menanyakannya sedang dimana. 
Biasanya beliau kalau pagi ikut kegiatan jumat bersih atau sudah pergi kepasar. Ia memang wanita hiperakif.

Emak gue tipe orang pekerja keras. Nggak suka ngeliat keadaan rumah berantakan. Sampe kemaren gue liat beliau bikin pesanan kue sampe semaleman suntuk, karna kue pesanan pelanggannya gagal terus. Namun emak gue nggak nyerah gitu aja. Bukannya nyokap gue baru bisa bikin kue atau belom punya pengalaman, tapi karna adonannya aja yang kurang tepat takarannya. Setelah mencoba sampai tiga kali, emak gue pun berhasil. Dan hasil penjualan kuenya pun rugi, rugi besar. Emak gue nggak ngeluh dan bilang ke gue ‘gapapalah, belom rejeki. Ini juga pelajaran buat mama’. Keren kan emak gue ?.

Setiap anak pasti pernah ngelawan dan membantah orang tuanya. Begitu pun gue. Gue sering banget ngebantah perintah emak gue. Ketika dia nyuruh gue nyuci piring, gue cuman bisa bilang nanti,nanti, dan nanti. Dan akhirnya emak gue juga yang nyuci. Disuruh beliin rinso nggak mau kalo nggak ada upahnya, akhirnya beliaulah yang beli. Semua yang gue lakuin itu salah. Salah besar. Gue seperti layaknya malin kundang. Nama gue nggak patut terpampang di kartu keluarganya sebagai anak. Gue ngerasa diri gue durhaka. Apa yang selama ini gue lakuin pun akhirnya gue sadari itu adalah kesalahan. Maka dari itu mulai saat ini sampai seterusnya hingga emak gue nggak ada, gue bakal mau nurutin dia. Apa yang diperintahkannya gue bakal mengiyakannya. Sekalipun ia menyuruh gue tenggelem kesumur ? mmm… itu baru gue nggak mau. Mana mungkun juga emak gue nyuruh begitu. Emak gue baik walaupun judes.

Gue orang yang paling percaya banget durhaka. Apalagi kuwalat sama orang tua terutama ibu. Ceritnya waktu itu gue masih kelas satu smp. Ketika itu gue marah-marah ke nyokap gue karna sendal kesayangan gue dipake adek gue. Padahal gue mau berangkat renang Saat itu gue bener-bener kalap. Apa yang ada didepan gue, gue banting, gue tendang, itu pun sembari teriak. Sampe emak gue nangis, gue pun berhenti marah dan rela memakai sendal jepit, itu pun dengan hati terpaksa.

Kejadian yang nggak gue inginkan pun terjadi. Kaki gue terjepit besi alumunium tajam didekat kolam renang yang entah itu gunanya untuk apa. Kulit kaki gue sobek. Sobeknya nggak tanggung-tanggung hingga membentuk huruf T. Untungnya petugas kolom renang dengan sigap membalut kaki gue dengan perban untuk penolongan pertama. Pulangnya gue dibopong oleh sahabat gue.

Sampe dirumah dengan kaki berlumuran darah ,emak gue langsung kaget ketika melihatnya dan tanpa basa-basi atau blablabla… beliau segera mengantar gue ke klinik terdekat. Luka gue pun dijait hingga 8 jaitan. Uang administrasi yang seharusnya dibayar untuk membayar rumah pun harus rela dipakai. Gue emang anak yang nyusahin orang tua. Selesai kaki gue dijahit, ia memarahi gue diperjalanan pulang. Meskipun marahnya ditengah jalan yang terlihat memalukan oleh pengguna jalan, tapi buat gue sih bodoamat. Gue nggak peduli apa kata orang, karna yang marah itu emak gue. Emangnya mereka siapa ?.

Dan akhirnya gue minta maaf. Gue berpikir, ternyata dibalik amarah dan bawelan emak gue  selalu ada kepedulian. Dan sendal yang harganya 20 rebu harus dibayar mahal dengan 200 rebu kaki gue dijahit. Sampai saat ini gue nggak mau ngelawan beliau. Karna tangisan ibu adalah bencana bagi kita.

Gue adalah orang yang bersyukur masih punya emak. Maka dari itu gue nggak mau menyia-nyiakan sisa hidup emak gue dengan sifat gue yang hanya menyakiti hatinya. Emak gue memang nggak sempurna. Beliau orang biasa, harta pun juga nggak banyak. Tapi beliau selalu mengajari gue arti dari tanggung jawab dan juga kesederhanaan. Emak gue selalu menjunjung tinggi tanggung jawab dan ia juga membiasakan gue memakan apa yang dia masak meski pun sayur asem dan ikan asin, jujur itu makanan paling enak sedunia. Ditambah kalau makannya bareng keluarga diatas lantai. Seakan dunia hanya milik keluarga.

Dari kecil gue nggak pernah dimanja. Gue minta robot-robotan sampe nangis, merengek, sampe jungkir balik pun emak gue nggak bakal mau beliin. Terkesan pelit memang, tapi disinilah gue belajar. Emak gue mengajarkan agar anaknya kelak nanti jika sudah dewasa tidak selalu bergantung dengan orang lain. Harus berusaha sendiri, mendapatkan apa yang diinginkan dengan keringat sendiri. Bukan dengan mengatungkan tangan saja. Dan disitulah gue belajar bertanggung jawab dengan apa yang telah gue lakukan.
Gue akan selalu menjaga kepercayaan emak gue hingga akhir hayatnya atau hingga akhir hayat gue nanti.Emak gue adalah wonder women dalam hidup gue. Wanita tangguh, kuat, bijaksana. Jangan lupakan juga, emak gue cantik.

Gue nggak mau hanya menjadi pelengkap hidup beliau tanpa adanya hal yang spesial. Gue pengen dia mengenang gue dan gue akan mengenang beliau. Suatu saat nanti gue berharap akan berada satu tempat dengannya. Ditempat yang indah dan tenang. Dimana tempat itu tak ada orang jahat satu pun. Tak akan ada kebohongan dan hanya ada kejujuran. Disanalah kami akan berada bersama keluarga kami. Yaitu, disurga.


I Love Mom We Will Life In The Heaven…



0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

Super Stars

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Post

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Friendzone