123, Example Street, City 123@abc.com 123-456-7890 skypeid

Sabtu, 31 Oktober 2015

Salah nggak sih ?

Salah nggak sih udah nunjukkin jalan yang bener tapi yang ditunjukkin jalannya malah salah nanggepin ?

Jadi ceritanya kemaren pagi. Pagi itu gue dibangunin nyokap dengan suara auman singa ‘BANGONNNNN DAH SIANG SERVICE MOTOR SONO!’ teriakan nyokap gue bener-bener merusak mimpi indah gue. Langsung saja gue bangun dengan wajah masih penuh belek, iler berceceran keseluruh muka gue, dan dengan ringkih karena masih ngantuk gue berjalan menuju kamar mandi.

Selesai mandi, pake baju warna hitam, celana pendek favorit gue yang nggak pernah dicuci kalo pantat belom gatel, rambut disisir belah tengah kebelakang kayak sharukan, dan nggak lupa menyemprotkan minyak wangi casablangka abal-abal yang gue beli dipasar inspres.

Sebelum pergi ke bengkel gue panasin motor terlebih dahulu supaya menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Karena gue takut aja kalo motor gue lupa dipanasin, apa-apa rodanya keseleo, stangnya kecengklak, spionnya keram. Gue nggak mau itu terjadi. Makannya itu setiap kali menggunakan motor, sebelumnya gue pasti memanaskannya terlebih dahulu.

Setelah cukup strechingnya, langsung gue memacu motor ke bengkel. Bengkel yang gue tuju tidak terlalu jauh. Jaraknya bisa ditempuh jalan kaki sekitar 15 menit, kalo naek motor 5 menit, itu pun kalo nggak macet. Tapi untungnya hari itu nggak macet. Sampai dibengkel yang nggak terlalu besar ini, gue samperin abang-abang bengkelnya yang lagi sibuk membedah ban motor pelanggan lain. 

Wajah abang-abangnya serius banget sampe ketika gue dateng, matanya melotot memancarkan aura kejahatan. Matanya seperti lagi ngomong sama gue ‘APE LO NGAJAK RIBUT ?!!’ langsung saja gue mengalihkan matanya yang merah itu. Kayaknya matanya barusan abis kecolok linggis dah, ngeri.

‘Lay, ban gue bocor nih kayaknya coba deh cek dulu. Tapi kemaren baru banget ganti ban dalem. Masak gue ganti lagi.’ ujar gue ke salah satu montir yang parasnya tidak menyeramkan seperti montir bermata merah tadi.

‘hmmm’ sahut lay bengkel dengan angkuhnya.

Menunggu motor selesai dibedah. Gue duduk dikursi kayu yang sengaja dibuat untuk pelanggan. Kursinya tidak terlalu besar, kira-kira panjangnya hanya setengah dari tinggi badan gue, 80 cm dan labarnya hanya selebar pantat anak tk.

Gue duduk sambil memantau keadaan motor gue yang sedang di otak-atik ban depannya. Tangan montirnya begitu lincah ketika melepaskan ban karet dari dalam ban induknya (eh ban induk apa ban apa deh, gue nggak tau namanya. Pokoknya itu dah). Setelah ban karetnya terlepas, lalu ia isi dengan angin sehingga ban tersebut menggembung seperti balon. Diambilnya satu ember air dan 
menyelupkan ban karet tersebut kedalamnya, mencari sumber lubang yang menyebabkan ban menjadi bocor. Dicarinya dengan teliti, diputar terus ban karet itu sampai timbul gelembung dari dalam air. Tapi gelembung yang ditunggu-tunggu sama sekali belum mucul. Gue melihatnya lalu bilang ke lay ‘kayaknya nggak bocor deh lay’

‘Bang permisi’ ucap seorang cowok yang nggak tau darimana munculnya, tiba-tiba udah ada didepan gue . Udah mukanya ditutupin masker lagi, kayak kakashi aja nih orang. Disampingnya juga ada cewek berjilbab ping tersenyum kearah gue. Kayaknya mereka berdua pacaran.

‘Oh iya kenapa ?’ sahut gue ramah dengan senyuman manis yang gue punya seumur hidup gue.

‘Tau universitas kosgoro nggak ?’ tanya dia berharap gue tahu universitas tersebut.

‘Kosgoro ?’tanya gue meyakinkan lagi pertanyaannya.

‘Iya kosgoro bang’

‘oh kosgoro mah disono’ gue menunjuk kearah kampus kosgoro berada meskipun cowok itu nggak tahu dimana kosgoro. ‘tapi kalo jalan kaki jauh mas. Naek angkot juga susah rutenya, ngabis-ngabisin duit. Mas coba jalan aja nih. Kan disono ada pertigaan, terus belok kanan, nah, abis itu tinggal lurus aja. Ntar kalo ketemu gedung oren itu dia kampusnya’

‘oren ? the jak kali ah mas’

‘Lah, ngapa lu ngajak bercanda ?!’

‘Oh yaudah makasih ya mas.’

‘Oke’ Lalu gue duduk lagi dan melihat keadaan motor gue yang sebenarnya tidak ada kerusakan apa-apa. Syukurlah, gue jadi nggak ngeluarin duit banyak cuma buat motor. Jadi bisa nambah paketan internet deh.

Tak berapa lama kemudian. Pikiran gue tiba-tiba mampir sesuatu. Sesuatu yang janggal. Sesuatu yang akan membuat gue akan merasa bersalah seumur hidup. Sesuatu yang….masyallahh iya ya, pasti cowok dan cewek tadi salah nanggepin panduan gue.

JANGAN-JANGAN… Gue berdiri dari bangku dan melihat kearah terakhir mereka berdua pergi. Mereka pun juga sudah menghilang. Waduh mampus nih.

‘Mampus kenapa ?’ tanya lay pengen diajak ngobrol.

‘nggak…kok nggak kepo amat lu lay’ sewot gue.

Gue kawatir jalan yang tadi gue jelasin ke cowok dan cewek tadi , mereka nggak paham. Pasalnya gue tadi nyuruh mereka untuk belok ketika ketemu pertigaan. Dan didaerah ini jalan yang gue tunjukin itu ada dua pertigaan, yang seharusnya mereka melewati pertigaan yang kedua. Gue takutnya mereka malah lewat pertigaan yang pertama dan itu malah bikin jauh. Mampus dah gue.

Gini nih denahnya..





Motor gue rapih dan rasanya  tidak ada yang rusak dari segi apapun. Gue tetep bayar, itung-itung uang keringet. Lalu gue pulang, rute yang gue lewati adalah belok kanan ketika pertigaan pertama. Selama diperjalanan gue masih mikirin tuh orang berdua, kayaknya mereka salah deh. Dan yang gue duga-duga menjadi kenyataan. BAM! Dipinggir jalan mereka sedang jalan kearah yang berlawanan, kearah dimana pertama kali mereka berdua nanya ke gue. Gue pengen nyamperin mereka tapi keadaan tidak memungkin. Gue ditengah jalan dan disamping kiri gue ada mobil angkot yang lagi nunggu penumpang, ya akhirnya gue langsung meluncur ke rumah. Sampai dirumah, pikiran gue masih ngawang dan ada sedikit rasa bersalah yang gue simpen dalam-dalam. Gue nyesel kenapa gue cuma bilang, kalo ada bertigaan belok aja dan tinggal lurus. Sedangkan gue seharusnya bisa lebih detail dalam menjelaskan arah jalannya. Harusnya gue bilang ke mereka ‘Jalan aja nih mas, ntar kalo ketemu pertigaan deket alfa belok kanan. Nah tinggal lurus aja tuh’ gitu kan jelas. Kayaknya gue nggak bakal pantes kerja jadi tour guide kalo gini ceritanya.

Oke, nasi udah jadi ketupat. Ketupatnya udah di campur sama sayur dan dimakan sampe akhirnya jadi tokai. Semua udah terlanjur, tapi gue nggak mau hidup dalam tekanan rasa bersalah ini, meskipun gue nggak kenal mereka, gue harus tanggung jawab.

Gue pun keluar rumah dan berlari nyusul mereka, berlari terus sampai dari kejauhan punggung mereka terlihat. Yap! Hampir sampai, lalu gue berhenti. Melihat mereka berjalan sesuai rute yang seharusnya mereka tempuh. Gue memutuskan untuk tidak usah menyusulnya, sepertinya mereka sudah nanya sama orang lain. Dan gue yakin mereka pasti berpikir kalo gue tadi boong dan bilang ‘Kampret nih orang boongin kita, gue sumpahin looo dikutuk jadi ban dalem’. Tapi gue nggak mau suudzon juga sama mereka. Mereka juga yang salah nanggepin, eh tapi salah gue juga yang ngasih taunya nggak detail. Eh salah mereka deng, kenapa mereka harus nanya gue coba ? tapi…tapi… tetep gue yang salah. Gue minta maaf buat kalian berdua yang gue nggak tau namanya siapa. Pokoknya kalian berdua deh, kalo kalian baca postingan ini, kalian maki-maki gue aja, gue terima kok. Eh tapi kita bisa ngomongin baik-baik kok. Ngomongin baik-baik aja kali ya ?


Oke ? salam maaf dari gue sedalam-dalamnya yaw. Semoga gue bisa ketemu kalian lagi dan minta maap.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

Super Stars

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Post

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Friendzone