123, Example Street, City 123@abc.com 123-456-7890 skypeid

Rabu, 04 November 2015

Lupa Bilang Suka



Mari kembali ke tahun dimana citra fitri masih berjaya


Layaknya anak sd pada masa itu, pulang sekolah---lempar tas----ganti baju----maen ps. Itu lah yang gue lakukan setiap hari sama Sofyan, temen gue dari tk yang rumahnya nggak jauh dari rumah gue. Kepeleset plastik teh sisri juga nyampe. Pulang sekolah gue sama Sofian pasti banget maen, apaan aja gue maenin sama dia. Maen ps, kartu yu-gi-oh, kartu remi, kartu parkiran juga gue maenin. Tapi hari ini gue dan Sofian udah punya rencana dari masih dikelas tadi untuk maen ps2 di rental sejam.

Kali ini Sofyan yang nyamper ke rumah gue. Gue dan Sofyan punya tradisi nyamper kalo mau maen. Jadi, kita punya jadwal, hari senen sampe rabu gue nyamper dia dan kamis sampe minggu dia yang gentian nyamper. Kadangkala Sofyan nggak nyamper gue, pas gue samper kerumahnya ternyata dia tidur. Dan dia gue hukum nyemilin bungkus plastik ciki ciko.

Sebelum ke rental, gue dan Sofyan pergi ke rumah Ara buat minjem memory card. Waktu itu gue dan Sofyan belum cukup kaya raya untuk membeli memory card. Bagi gue dan Sofyan beli memorycard itu sama saja bunuh diri. Harus rela nggak jajan selama sepuluh hari cuma beli barang yang sebenarnya masih bisa minjem. Makannya itu gue dan Sofyan nggak akan pernah beli memory card kalo nggak dikasih ya mending minjem. Kalo sama sekali nggak ada, ya udah nggak usah maen ps, mending maen kartu parkiran.

Sampe didepan gerbang rumah Ara. Gue dan Sofyan silih berganti mencet bel yang semakin lama malah semakin asik mendengar suara tot…tott...toot..tot... Saking asiknya mencet bel, Ara tiba-tiba udah ada didepan gue dan Sofyan.

‘Pencet terus!’ Ara dengan wajah sinis seperti ingin menikam gue dan sofyan dengan goloknya pitung. ‘Ngapain lo kesini ?’ tanya Ara sedikit bingung dengan kedatangan gue dengan Sofyan yang seperti menerima dua orang gembel dari pluto.

‘Mau minjem memo ps2 ra’ jawab gue santai meski tak sesantai Sofyan yang masih sibuk mencet-mencet bel rumah Ara. Tottt….tottt….tott

‘HEH!’Ara kesal. Melihat Ara yang marah gue menarik kerah baju Sofyan dari belakang lalu berbisik ke telinganya supaya jangan mencet bel itu lagi nanti nggak dipinjemin memory cardnya.

Setelah pertikaian sengit dan membujuk Sofyan supaya tidak mencet bel lagi. Gue dan Sofyan dipersilahkan masuk sebentar. Ketika masuk kedalam rumah Ara ternyata disana ada Eza, Deka, dan Devi. Temen satu kelas gue yang sedang serius ngerjain pr. Melihat mereka ngerjain pr, gue langsung melirik ke Arah Sofyan ‘Emang ada pr ya ?’ Sofyan mengernyit lalu memonyongkan bibir dan menggerakannya. Dari gerakan mulutnya gue paham kalo dia bilang ‘udah nggak usah kerjain. Maen ps dulu kita’.

‘Nih tem!’ Ara menyerahkan memory cardnya ke gue. Merasa urusan gue sudah selesai, gue segera keluar dan pamit ke Eza, Deka, dan Devi. Devi tersenyum ketika melihat gue yang mau pulang. Melihat senyumannya gue jadi kegeeran. Muka gue berubah menjadi merah marun. Jangan heran kalo muka gue berubah jadi merah marun, kulit gue yang item nggak mendukung buat merubah muka gue jadi merah jambu. Merah marun juga udah sukur. Daripada berubah jadi ijo lumut yang malah kayak abis diberakin sapi.

‘Gue pinjem dulu ya ra. Samikum!’ gue dan Sofyan langsung bergegas ke rental ps kong ahong. Dengan langkah seribu gue secepat kopaja sudah sampai di dalam rental yang dipenuhi dengan anak-anak SMA yang kebanyakan maen game bola di ps2. Gue celingak-celinguk berharap ada satu ps yang kosong.

‘Koh, ada yang kosong ?’ tanya gue ke Kong ahong yang sibuk banget ngitungin duit setoran ps hari ini.

‘Noh ada noh yang dipojok’ Kong ahong menunjuk ps yang paling ujung dipojok ruangan. Gue dan Sofyan langsung ke ps tersebut. Perjalanan gue dan sofyan nggak mulus begitu aja. Perlu banyak ngomong ‘misih’ pas lewatin anak-anak SMA yang lagi serius maen ps bola. Dengan

penuh rasa ketakutan dan ragu gue melangkahkan kaki perlahan melewati kabel stik, rasanya pengen maen karet kalo kayak gini.

‘AH GOBLOK ANJING!!’ Teriak seorang anak SMA item gondrong giginya kuning matanya merah. Fix nih orang mabok ikan cupang. Teriakannya bikin jantung gue lompat indah. Gue panik at the disko sambil meluk Sofyan dan bilang ‘Tuhkan dia marah. Buruang bego.’.

‘Taik nih Ronaldinho payah’ lanjut anak sma itu yang ternyata marah sama Ronaldinho di ps.

Gue nengok kearah dia dan dia malah ngeliatin gue ‘Heh bocah apa lo liat-liat ?!!’

‘Nggak bang nggak. Buruan yan buruan ah lama banget lu jalannya’ gue mendorong Sofyan panik. Takut kalo tiba-tiba anak SMA itu melempar gue pake stik ps yang lagi dipegangnya.

Baru banget sampe ke kelas Eza, Deka, Ara teriak memanggil gue. ‘Yo, sini !!’ panggil mereka bareng-bareng dari sudut kelas, mereka sepertinya sedang asik maen kartu yu-gi-oh. Oh,iya bay the way any wey baywey, nama panggilan gue waktu sd itu Ryo. Jadi, biar nggak bingung pas bacanya, kok yo..yo apa itu yo ? yoyo, toyo, atau loyo ? udah taukan.

Kembali lagi ke gue yang sekarang udah ngumpul bareng tiga sekawan . Eza, Deka, dan Ara bisa dibilang kayak trio macan. Kemana-mana selalu bertiga. Bedanya cuma mereka nggak nyanyi iwak peyek sama nggak pake hotpants rombeng-rombeng. Kebersamaan mereka ini terjalin udah dari jaman mereka duduk dibangku taman kanak-kanak. Gue pun menjadi saksi kebersamaan mereka selama tujuh tahun ini, karena gue satu tk dengan mereka. Sedih banget hidup gue sekolah sama mereka mulu.

‘Kenapa sih ?’ tanya gue heran menatap mata Ara yang masih ada beleknya warna ijo. Itu belek apa tokai kebo.

‘Eh kasih tau nggak eh ? kasih tau nggak eh ?!’ Ara malah nanya ke Eza dan Deka.

‘Deh goblok buruan gue mau ngerjain pr nih’
‘Kasih tau deh. Kemaren Devi bilang, coba kulit lu putih. lu ganteng yo wkwkwkwkwkwkwkwwkwk’ ujar Eza yang pastinya nggak dengan ketawaan’ wkwkwk’, soalnya waktu itu’ wkwk’ belom terlalu beken. Yang beken saat itu huuuhahahahah.

‘Yaelah gitu doang. Palingan juga bercanda’ gue lalu pergi dari sekumpulan mahluk pluto itu dan cepet-cepet ngerjain pr yang lupa gue kerjain.

Selama pelajaran gue masih mikirin kata-kata Ara tadi yang bilang kalo gue putih gue ganteng. Gue masih nggak percaya kalo devi bilang kayak gitu. Padahal Devi kan lumayan cantik meskipun agak tomboy. Tapi kalo dibandingin sama cewek-cewek laen dikelas dia termasuk cewek yang harus dikagumi. Gue berandai-andai misalnya kalo Devi emang bilang kayak gitu dan gue harus ngapain supaya jadi putih. Setelah berpikir-pikir gue punya tiga solusi biar kulit gue putih.
1.      Mandi susu setiap hari. Eh tapi kalo susu bikin lengket ntar bukannya putih malah disemutin.
2.      Nggak keluar rumah setahun. Lah ntar gue sekolah gimana ?
3.      Operasi plastik. Nggak. Nggak mungkin,bukannya putih gue malah jadi kantong buat bungkus nyam-nyam.
[] [] []
Semakin hari gue semakin sering mencuri pandang kearah Devi yang duduk didepan meja guru. Nggak jarang gue iseng ngelemparin dia pake gulungan kertas kecil-kecil yang seukuran upil. Nggak jarang juga gue salah ngelempar dan masuk ke lobang idung guru gue yang lagi ngajar. Alhasil gue disetrap.

Suatu hari Devi nggak masuk. Gue pun gundah, hati gue resah, dan mata gue penasaran dengan objek yang seringkali ia lihat akhir-akhir ini menghilang. Gue bertanya-tanya kemana Devi pergi. Sampai saat ketika ibu-ibu masuk kekelas dan ngobrol dengan guru gue. Nggak begitu jelas apa yang mereka bicarakan dari sini yang terdegar hanya ‘satt.sut..sut..sut..devi’ . Gue cuma bisa denger nama Devi dari percakapan itu. Sepertinya gue sudah kecanduan virus Devingitis.

Tak terasa bel bunyi. Mata gue masih penasaran dengan wajah Devi yang tak hadir di kelas hari ini. Gue pun mencari info tentang Devi ke Nisa. Temen mandi barengnya Devi. Tapi Nisa yang gue tanya juga belom tahu kenapa Devi hari ini nggak masuk.  Gue semakin resah dan pulang dengan penuh rasa penasaran dengan keadaan Devi. Memang saat itu gue terlalu lebay untuk ukuran anak sd.

Sudah tiga hari ini gue belajar dikelas merasa sepi. Rasanya tidak ada gairah buat mendengar materi dari guru yang sedang ngajar. Mata gue justru terasa perih ketika kehilangan objek terindahnya. Yang terlihat oleh mata gue ini hanya bangku kosong tak berpenghuni. Percis sekali bangku kosong dipilem setan itu. Mudah-mudahan si Devi nggak kesurupan.

Pulang sekolah, satu kelas berencana jenguk Devi. Kabar baik buat gue. Akhirnya gue bisa bertemu orang tuanya dan ngajak dia tunangan didepan anak-anak satu kelas. Tapi itu nggak mungkin, mencet bel rumahnya aja gue belom tentu berani.

Dari sekolah gue dan teman-teman satu kelas jalan kaki kerumah Devi. Saat itu belom ada anak sd yang bisa naek motor. Ada sih, paling cuma satu dua orang. Untungnya, rumah Devi nggak terlalu jauh dan masih bisa ditempuh jalan kaki. Nggak kebayang kalo rumah Devi di Zimbabwe, sampe dirumah Devi yang ada betis gue jadi segede gajah lampung.

Sampai dirumah Devi gue nggak langsung masuk kedalam kerumahnya. Malu. Gue malu kalo masuk kerumahnya kulit gue masih item. Sedangkan yang Devi inginkan dari gue adalah kulit gue yang putih. Gue bimbang disini, antara mau pulang sama kebelet pipis. Akhirnya gue memilih kebelet pipis aja dicelana

Mendadak Eza dari dalam teriak kegirangan ‘Ryo..yooo buruan masuk ditungguin ayang tuh’ teriakannya membuat temen-temen gue menjadi hening sejenak dan serentak mereka teriak ‘CIYEEEEEEE!’

Kata-kata ciye saat itu mengindikasikan kalo gue udah jadian sama Devi. Oke fix gue semakin lebay dalam situasi ini. Tapi saat ini gue masih malu untuk bertemu Devi yang terbaring lunglai diatas kasur. Gue nggak tega ngeliat pujaan hati  gue (cieilah pujaan hati) merintih kesakitan. Gue nggak tega.



Tiba-tiba dari dalam anak cowok keluar, lalu membopong gue kedalam rumah. Disitu ada mamahnya Devi. Sumpah demi kancutnya hulk, gue malu banget diliatin mamahnya Devi yang cuma bisa ketawa ngeliat gue digotong kayak anak band gini.

‘eh apa-apaan sih nih ?!’ gue meronta lalu badan gue jatoh kelantai.

‘hahaha’ tawa Devi melihat gue yang jatoh dilantai kamarnya.

Sekali lagi anak-anak teriak ‘CIYEEEEEEE’

Muka gue kembali berubah menjadi merah marun. Gue malu untuk berdiri. Kaki gue seolah nggak kuat menahan beban tubuh gue ini. Sebenarnya bukan itu alasannya, gue emang malu aja kalo diliatin rame-rame gini. Kayak korban tabrakan motor tau nggak sih diliatin gini.

Perlahan gue berdiri dan sedikit demi sedikit melangkah kearah kasur Devi. Lalu dengan gemetaran memegang tangan dia dan bilang ‘cepet sembuh ya Dev’

Untuk kesekian kalinya anak-anak teriak CIYEEEEEEEE!

Devi mengangguk pasti sambil tersenyum. Baru kali ini gue sadar, dibalik ketomboian Devi ternyata dia menyimpan senyuman yang cewek banget. ‘Makasih ya yo udah dateng’ Situasi sejenak hening ketika temen-temen gue sengaja sat..sut …satsut untuk diam. Gue melirik kearah Ezy yang sibuk menjadi dalang awkward momen ini.

‘Sama-sama’ jawab gue dengan senyuman tiga jarinya Dude Herlino.

Dan lagi-lagi anak-anak teriak CIYEEEEEE. Hari ini gue terlalu kenyang memakan kata ciye.

Singkat cerita keadaan Devi semakin hari semakin membaik. Dia pun kembali belajar di kelas seperti biasa dan gue jadi nggak ngerasa kesepian lagi. Tapi sekarang Devi pindah tempat duduk. Dia duduk dibelakang. Entah apa tujuan dia duduk dibelakang. Intinya dia bikin pemandangan gue jadi lebih buruk. Gue jadi sulit buat ngeliatin dia. Perlu sepik minjem hapusan kemeja belakang untuk ngeliatin wajahnya yang manis-manis gula madu itu. Tapi gue nggak putus semangat untuk terus ngeliatin dia sampai akhirnya gue mendengar kabar mengejutkan tentang Devi. Kalo Devi ternyata udah punya pacar anak sd sebelah.

Kabar itu sangat menohok hati gue. Gue kalah dengan anak sd sebelah ingusan itu. Hati gue terasa terhempas ke jurang. Hancur berkeping-keping kayak tazos yang berceceran. Gue nggak kuat mendengar kabar itu. Keadaan gue memburuk, dikelas gue jadi pemurung. Nilai gue turun, celana gue turun dan ibu guru marah ‘RYO CELANANYA NAIKIN!!’

Ujian sekolah tiba. Gue udah nggak mikirin dia lagi. Yang gue pikirin cuma nilai nem gue supaya cukup untuk masuk smp negeri. Gue belajar giat dan akhirnya perjuangan gue belajar semalam suntuk membuahkan hasil. Gue lulus dengan nem yang cukup memuaskan dan masuk ke smp negeri.

Devi juga masuk smp negeri meski nilai dia masih dibawah gue. Hubungan gue sama Devi masih baik-baik saja sampai lulus sd. Pas smp dia juga masih sms gue. Gue juga nggak jarang sms dia kalo lagi bete. Gue suka curhat sama dia begitupun sebaliknya. Bahkan dia curhat kalo dia udah pernah ciuman sama pacarnya di smp. Dia udah pernah ciuman sedangkan gue waktu smp megang jempol cewek aja gemeteran. Saking seringnya sms-an gue jadi tahu kebeneran perasaannya Devi ke gue. Ternyata Devi memang benar suka sama gue. Dan dia berharap gue suka juga sama dia.

‘Iya gue suka sama lo. TAPI DULU YA YO. DULUUU’ sms Devi yang membuat gue tersenyum.

‘Hahahaha iya Dev gue juga suka sama lo tapi gue lupa bilang suka sama lo’

‘Kenapa kok bisa lupa ?’

‘Soalnya waktu itu lo udah pacaran sama anak sd sebelah. Gue cemburu terus nggak jadi bilang suka deh hehehe’

‘Oh yang itu hahahaha. Gue nggak pacaran kok yo. Itu sodara gue, anak-anaknya aja yang pe’a gara-gara gue pulang bareng terus dibilang pacaran’ sms dari Devi ini sungguh membuat gue ingin memecahkan kepala. Ternyata itu sodaranya! Dan gue cemburu sama sodaranya sendiri. Bego banget gue ngambil keputusan begitu cepat waktu itu.

Lama kelamaan seiring bergulirnya waktu kedekatan gue dan Devi meluntur bahkan tak berbekas sedikit pun. Tapi gue follow Ig-nya dan dia juga follow ig gue. Meskipun nggak berkomunikasi, dengan meng-like postingannya udah jadi tanda kalo gue pernah kecanduan memandangi wajahnya pas sd dulu. Masa itu akan jadi kenangan meskipun gue belum sempat bilang suka langsung ke Devi tapi setidaknya Devi dan gue udah tau kalo kita pernah sama-sama suka.

Akhir-akhir ini gue liat dari IG-nya sekarang dia kayaknya udah dapet pasangan yang baik dan romantis. Dari fotonya yang peluk-pelukan sama pacarnya udah menandakan kalo dia udah nyaman sama pasangannya. Semoga dia langgeng deh.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

Super Stars

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Post

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Friendzone