123, Example Street, City 123@abc.com 123-456-7890 skypeid

Selasa, 10 November 2015

Im number three

‘Pak saya ingin ngajuin proposal lomba stand up comedy dari SMA Madania di Parung. Mereka ngundang kita buat ikut lomba disekolahnya. Biaya pendaftaran cuma 40 rebu ’ gue menyerahkan proposal yang sudah gue print dan dijilid rapih ke kepala sekolah yang pengin masuk ke ruangannya

Kepala sekolah mengambil kacamatanya dari kantung kemeja batik dan menggantungkannya di hidung lalu membuka lembar demi lembar proposal yang gue serahkan tadi ‘Hmmm…oke..kalo gitu coba tanya sama pak Hendra. Kalo Pak Hendra setuju, langsung kabarin saya’ Kepala sekolah mengembalikan proposal itu ke gue. Dengan gercep gue mencari pak Hendra selaku Pembina osis yang juga menangani segala perlombaan yang mengatasnamakan sekolah. Jadi kalo mau lomba dan membawa nama sekolah, harus hubungin dia dulu untuk mendapatkan persetujuan.

Setelah keliling sekolah. Gue bertemu pak Hendra di ruang komputer. Lalu gue menyerahkan proposal perlombaan yang tadi gue serahkan ke Kepala Sekolah. Namun pak Hendra tidak menggubris gue. Dia terlihat sedang terburu-buru hendak keparkiran  ‘Iya besok saya urus lagi kal’ . Sedangkan perlombaan sudah besok. Kalau besok diurus mau gimana caranya. Gue cuma pengin minta duit 40 rebu buat uang pendaftaran susahnya minta ampun.

Gue keluar sekolah dengan raut muka berantakan. Gue sudah mendaftarkan diri lewat sms ke SMA Madania meskipun uang pendaftaran baru gue bayar di hari H nanti. Tapi kepala sekolah dan pak Hendra tidak cukup membantu gue memberikan uang pendaftaran. Sampai dirumah, gue membuka dompet yang cuma ada selembar kertas bergambar pak Pangeran Diponegoro. Gue bingung harus bayar pendaftaran lomba dengan uang darimana. Mau jualan tapi nggak ada yang bisa dijual. Nggak mungkin gue malem-malem pake hot pants dipinggir jalan godain om-om buat nyewa gue se-jam cuma buat dapet 40 rebu.

Setelah terus berpikir mencari jalan keluar. Gue pun meminjam uang ke nyokap. Meskipun akhir-akhir ini nyokap ngeluh mulu dengan uang yang dia punya buat belanja aja harus ngirit-ngirit. Tapi ya mau gimana lagi, gue harus tetep ikut lomba. Makan mah nanti aja.

‘Mak Ryo minjem duit gocap buat lomba ?’ pinta gue dengan muka semelas mungkin. Berharap nyokap akan luluh dengan muka gue yang seperti pengamen jalanan kumal nggak pernah mandi 10 tahun.

‘Gocap ? Gila kamu ya, mamak aja cuma punya duit 70 rebu, besok mau makan apaan ?’ ujar nyokap gue menatap gue heran karena tidak biasanya gue minta duit langsung sebanyak itu. ‘Makannya kalo mau lomba nabung dulu biar nggak minjem-minjem’ lanjut nyokap sambil nyetrika baju seragam sekolah gue.

‘Tapi..tapi..nanti Ryo ganti deh sumpah. Janji. Nanti kalo juara pasti Ryo ganti’ gue merangkul nyokap dari belakang dan menatap pipinya yang sudah tidak mulus lagi. Tapi nyokap gue tetep awet muda meskipun sudah 44 tahun.

‘Yaudah kalo gitu, ambil noh di dompet mamak di laci lemari. Inget ! Ganti dan awas kalo nggak juara’

‘Oke mak!’ gue mengacungkan jempol lalu berlari mengambil selembar uang lima puluh ribuan dari dompet nyokap di lemari kamar.

Hari perlombaan telah tiba. Tanggal 13 mei 2014 hari selasa pas banget ulangan matematika. Seminggu sebelum perlombaan, guru matematika gue ngabarin ke semua murid dikelas kalo hari selasa tanggal 13 mei akan ada ulangan harian. Mendengar berita itu sedikit membuat perasaan gue bimbang. Bukan sedikit lagi, tapi bimbang gue bejibun. Gue harus milih antara lomba dan ulangan matematika. Dirumah sambil dengerin lagu Dmasiv- jangan menyerah gue bertapa mengahadap tembok yang retak. Berpikir mencari pilihan yang tepat. Hasilnya gue memilih untuk ikut lomba. Ulangan matematika masih bisa nyusul tapi lomba udah nggak bisa nyusul. Meskipun ulangan matematika gue jelek seenggaknya gue masih bisa remed. Kalau lomba gue nggak akan bisa remed. Gue akan kehilangan kesempatan besar yang gue inginkan ini.

Lomba di SMA Madania ini adalah lomba yang paling gue tunggu-tunggu. Semenjak tahun lalu senior gue Damar menjadi juara satu stand up comedy disana. Membuat gue ingin melanjutkan kiprahnya sebagai juara. Dan akhirnya itu terwujud saat ini. Gue bisa ikut lomba dan akan mengharumkan nama StandupGDP, komunitas stand up comedy sekolah gue dan tempat gue bernaung sekaligus belajar bikin materi stand up. Materi gue untuk lomba nggak lepas dari bantuan Damar, dia membantu gue sekaligus mengarahkan gue dalam menyampaikan materi saat lomba nanti. Dia juga berbagi pengalaman keadaan penonton disana. Gue berharap yang terbaik untuk diri gue saat itu.
Dengan membawa uang 75 rebu. 50 rebu dari nyokap, 20 rebu dari sangu bokap, dan goceng dari isi dompet gue. Selasa pagi gue meluncur ke SMA Madania ditemani Damar. Saat itu hanya Damar yang bisa menemani gue. Kebetulan dia baru lulus dan belum bekerja. Dia saat itu hanya sibuk stand up dari panggung ke panggung. Damar termasuk comic yang berhasil. Dia juga merupakan anggota stand up indo depok. Makannya dia sering dapet job. Temen-temen gue yang lain nggak bisa ikut karena harus masuk sekolah. Nggak mungkin gue menyuruh mereka untuk meninggalkan ulangan MTK hanya untuk menonton gue.

Sampai di SMA Madania gue dan Damar langsung menuju pos satpam untuk menukarkan KTP dengan kartu visitor. Kalo mau tau, SMA Madania keren abis. Gimana nggak keren, buat masuk kedalam sekolahnya aja gue perlu menggesekkan kartu visitor di bagian gagang gerbangnya yang lalu gerbangnya kebuka sendiri. SAIK. Belum lagi kantinnya yang jajanannya mahal semua, untungnya gue udah bawa persediaan minum di tas jadi nggak perlu buang-buang duit. Toiletnya juga luas banget lebih luas dari rumah gue. Mungkin karna saking luasnya selain jadi toilet buat pipis anak murid, toilet ini digunain buat kost-kostan mahasiswa.

Gue bertemu panitia untuk membayar uang pendaftaran. Mengisi formulir dan menyerahkan foto 3x4 berbackground biru. Gue nggak tau untuk apa foto itu yang pasti nggak mungkin buat jadi bahan santet. Belum disantet aja muka gue kayak udah di santet.

Menunggu lomba dimulai tiga puluh menit lagi. Gue membuka buku materi dan mencoba menghafalkannya lagi. Sebelumnya gue sudah open mic materi lomba ini ke teman-teman gue. Hasilnya sih lumayan meskipun nggak terlalu memuaskan untuk dikatakan lucu banget. Meskipun begitu gue tetep optimis. Bukan gue saja yang menghafalkan materi, lawan-lawan gue juga sedang sibuk menghafalkan materi dan mungkin kawatir takut lupa pas lomba nanti. Yang gue ingat saat itu ada comic cewek yang sekarang karier stand up nya udah keren abis. Kabar terakhir yang gue dapat dari twiternya, dia lolos kompetisi street comedy yang kompetisinya diadakan berbarengan dengan acara stand up fest. GOKIL.

Singkat cerita lomba dimulai. Lomba diadakan ditengah kantin. Kantin SMA Madania disulap menjadi satu ruangan yang dipinggirnya dibuat panggung dari tumpukan podium. Gue nggak tau maksudnya apa ngadain lombanya di kantin. Mungkin biar lebih rame kalo diadainnya dikantin. Tapi menurut gue emang  rame sih, tapi kasian orang yang lagi makan, takutnya pas lagi enak-enak makan bakso terus keselek. Udah gitu bukan baksonya yang keselek tapi mangkoknya. Kan bahaya.

Fico jadi opening dan materinya lucu banget. Untungnya dia nggak ikut jadi peserta.

 Lomba diawali dengan opening oleh juri yang tidak asing dimata para peserta. Fico (SUCI 3) dan Coki (Suci 4). Setelah perform yang lucu dari para juri. Satu per satu peserta dipanggil dan menampilkan materi yang lucu-lucu. Melihat mereka yang lucu membuat gue nge- down. Bukannya menyaksikan peserta lain perform, gue malah membuka buku materi lagi. Otak gue tiba-tiba kosong plong. Materi gue yang selama seminggu gue hafalin lenyap ditelan kelucuan peserta lain. Gue memejamkan mata lalu mencoba menarik semua materi yang hilang diotak gue menjadi satu kesatuan lagi.

Ini anak jakarta utara yang gue lupa namanya siapa.


Sambil menganggukkan kepala dan terus mengahafalkan materi. Nama gue dipanggil.

‘Peserta selanjutnya PASKALLLLLL…’ DEG. Jantung gue pengen copot. Dengkul gue tiba-tiba kopong.

‘Gue ?’ tanya gue ke Damar yang duduk disamping gue.

‘Iya kal. Sono. Gudlak’ Damar menyalami gue dan menepuk pundak gue.

Gue melangkah ke panggung dengan pasti. Semua kepercayaan diri dan semangat yang menggebu gue kumpulkan menjadi satu ditubuh gue. Langkah gue terus maju dibimbing oleh keyakinan akan memenangi lomba ini. Berharap materi yang gue lontarkan ke penonton akan membuat mereka tertawa.

Naik keatas panggung, gue melepaskan mic dari stand-nya. Lalu mengahadap ke penonton yang berembik menatap gue. Baru pertama kali dalam hidup gue ditonton ratusan orang yang nggak gue kenal sama sekali dan menaruh harapan kalo gue harus lucu. Tatapan mereka bermacam-macam. Ada yang seperti dalam hatinya mengatakan ‘Yakin nih gembel mau stand up ?’ , ‘Emangnya orang item bisa ngelucu ?’

‘Buset dah, orang tuh ?’.

Begitu banyak pertanyaan di mata mereka.

Dari kejauhan muka gue nggak keliatan. Nggak keliatan kayak lagi stand up ya ? lebih keliatan kayak lagi ngasih amanat upacara.


‘Assalammulaikum.. sebelumnya gue mau memperkenalkan diri, nama gue paskal gameryo dari…bla..blaa’ awal bit gue sangat buruk. Belum ada yang ketawa tapi ketika gue mengeluarkan materi tentang ultramen. Mereka serentak tertawa. Tawa mereka membuat gue tenang dan bergumam dalam hati ‘AKHIRNYA!’.

Merinding gue dibuatnya. Tawa mereka setelah mendengar bit yang gue ucapkan dari mulut gue bikin hati gue merinding. Selama stand up, baru kali ini tawa penonton begitu banyak. Ketawa yang bikin gue terharu kalo gue bisa ngelucu. Tawa yang membuat gue semangat untuk melanjutkan bit bit selanjutnya.

Biar nggak penasaran gue kasih sedikit bit gue yang bikin mereka ketawa. Kalo kalian nggak ketawa ya gapapa sih ‘Biasanya yang jadi ultraman itu bapak-bapak. Tinggi. Mancung. Rambutnya belah tengah. Dan pake jaket kulit. Masalahnya, Ini kan ciri-ciri bapak gue !’ itu salah satu bit yang gue lontarkan.

Sepanjang gue ngomongin ultraman semua orang di kantin tertawa terbahak-bahak. Tak luput juga juri, Fico dan Coki. Terutama Coki sangat kegelian ketika menyaksikan gue stand up saat itu.

Lalu gue akhiri penampilan gue saat itu dengan bit ‘Ini untungnya ultraman ngelawan monsternya langsung dihancurin ya, nggak kebayang kalo ultraman cara ngelawan monsternya pake cara Rukiyah yang ada ultamannya dateng pake sorban, baju koko, sambil bawa tasbih lalu megang kepala monsternya dan bilang ‘ASTAGFIRULLAH ALAZIM!!’tawa mereka menggelegar. Memenuhi kantin. Lalu gue tutup dengan salam. Tepuk tangan mereka dan standing applause membuat gue seperti jokowi abis kepilih jadi presiden. Senyum tipis tergambar di wajah gue. Dari atas panggung gue menatap Damar yang bertepuk tangan untuk gue dan mengacungkan jempolnya sambil tersenyum.

Komentar dari juri cukup membuat gue tenang.

Fico :’ Keren kal’ dengan nada suaranya yang khas seperti anak-anak.

Coki : Gilaa lucu banget materi lu yang ultraman. Keren..keren.

Gue turun ke atas panggung dan menghampiri Damar. TOS! Itu yang gue lakukan dengan Damar.

‘GOKIL!!!’ Ucap Damar. ‘Keren kal’ lanjutnya meyakinkan kalo gue emang tadi tuh keren banget. Walaupun banyak tawa dari penonton gue tetep nggak bisa berpuas diri karena masih ada 9 peserta lagi yang mungkin akan lebih lucu dari gue.

Semua peserta telah menunjukan kemampuan maksimalnya termasuk gue. Selanjutnya istirahat makan siang sekaligus solat. Ketika mau solat dan wudhu. Beberapa murid dari SMA Madania menyalami gue dan bilang stand up gue keren. Tapi rada janggal ketika mereka memanggil gue dengan sebutan ‘Ultraman’.

‘Ultramen keren banget tadi ’ seorang cowok abis wudhu dengan tangan yang masih basah menyalami gue. Dalam hati gue berucap ‘Batal deh lu megang tangan gue’

‘Ultramen solat ? ’ tanya seorang murid cowok. ‘Iya hehehe’ gue ketawa berharap ada yang manggil gue dengan nama asli. Mendengar kata ultraman sebagai nama panggilan gue seakan membuat gue seperti superhero nyasar. Soalnya nggak ada sejarahnya yang jadi ulramen kulitnya item. Ntar bukannya monsternya takut tapi malah ngatain ‘eh men (panggilan ultramen maksudnya), agak iteman deh lu sekarang, kebanyakan berjemur ya ?’

Terus begitu sampai gue selesai solat dan memakai sepatu. Saat sedang memakai sepatu seorang cowok murid SMA Madania nanya ke gue ‘Lucu banget ultramen, kapan-kapan ajarin stand up ya ?’. Gue jawab ‘Oke kapan-kapan ya’ dalem hati : Abis lomba ini juga kita nggak bakal
ketemu pe’a! Gue sih mau-mau aja belajar stand up bareng. Tapi dia siapa ?!! Pake kacamata, seragam putih, celana biru corak kotak-kotak, sepatu merk convers, harry potter mungkin nih anak.

***
Pengumuman dimulai. Semua peserta tegang menunggu hasil dari juri. Semua berharap yang terbaik termasuk gue. Gue sangat berharap nama gue dipanggil. MC bilang, akan ada 5 orang yang dipanggil ke panggung. Dari lima orang itu akan ada 3 yang mendapat hadiah. Akhirnya MC memanggil satu persatu yang lolos lima besar. Nama gue belum disebut sampai peserta ke empat.

Lagi-lagi gue menatap Damar ‘Juara nggak ya mar ?’ tanya gue lemas.

‘Lu yakin nggak ? kalo lu yakin lu pasti juara’ tuah dari Damar membuat gue optimis. Berbarengan itu nama gue dipanggil.


‘Dan terakhir PASKALLL…’ Orang-orang bertepuk tangan ketika nama gue disebut sampai gue naik keatas panggung. Setiap langkah gue ke panggung diiringi tepuk tangan yang riuh. Gue merasa seperti Jhon Chena yang ingin naik ke ring smekdown. Sepertinya gue sudah menarik perhatian murid-murid SMA Madania. Ini nggak lepas dari Ultramen. Thanks ya ultramen.

Saat mendebarkan dimulai. Pengumuman juara dua terlebih dahulu. Dan nama yang dipanggil saat itu adalah gua lupa namanya siapa seinget gue dia anak bogor. Selanjutnya pengumuman juara tiga dan juara satu, tinggal tersisa gue dan duh lupa gue namanya, pokoknya dia anak Jakarta utara. Fico yang mengambil alih pengumuman membuat gue semakin tegang. Juara nggak, ya ? juara nggak, ya ? Meskipun gue nggak juara ya nggak apa-apa setidaknya gue udah sampe tiga besar dari 26 peserta seluruh SMA jabodetabek.

Gue yang megang papan warna oren. Juara satunya yang megang papan putih, dan juara duanya berada ditengah gue dan juara satu. Agak nyempil kayak upil memang. Jadi nggak keliatan jelas.


‘ANAK JAKARTA UTARA !!!’ Fico teriak dan menyerahkan sebuah papan bertuliskan juara satu ke anak Jakarta Utara itu. Dan pastinya bukan gitu nyebutnya,gue nulis anak Jakarta utara karena lupa namanya aja. Tapi selamat buat lo anak Jakarta utara yang menjadi juara.

Gue tersenyum ketika menerima selembar kardus warna oren yang bertuliskan Juara 3. Menandakan kalo gue juara tiga. Gue tos dan saling pelukan kayak teletabis setelah pengumuman ini dengan lima besar yang ada dipanggung. Gapapa. Itu yang gue ucapkan berkali-kali didalam hati. Target gue untuk menjadi juara satu gagal. Setidaknya gue masih ada di tiga besar sudah cukup mengagumkan. Hasil yang memuaskan untuk orang macam gue. Damar dari kejauhan lagi-lagi tersenyum dan mengacungkan jempol. Gue menghampiri dia dan lagi-lagi tos! ‘Gapapa kal yang penting juara 3 !’

“Yoi mar ” jawab gue bangga.

Sebelum pulang gue foto dulu dong. Meskipun muka udah nggak karuan wujudnya. Keringetan, kiclong kayak abis diolesin kit. Gapapa. Yang penting hepy.


Gue pulang kerumah dengan bangga dan menghadiahkan nyokap dengan trophi juara tiga. Walaupun nggak jadi juara nyokap tetep ngertiin perjuangan gue. Dan yang terpenting uang nyokap bisa gue balikin lebih dari 50 ribu. Ya…rahasia deh berapa uangnya, intinya udah gue lipat gandakan. Ini semua juga berkat doa nyokap dan uang kepepet dari nyokap. Makasih banget sama nyokap *cium kening nyokap*. Dari lomba ini gue bisa ngasih uang ke nyokap meski belum bekerja. Terharu jadinya deh. Tisu mana tisu ?

Bukan cuma itu saja, gue juga ngucapin terima kasih buat Damar yang udah nemenin gue lomba. Mungkin kalo nggak ada dia, gue bakalan nyasar ke Madania. Selepas lomba, besoknya gue sekolah dan mendapat kabar kalo nggak jadi ulangan MTK. Sungguh kabar baik buat sang juara tiga hehehe. Pulang sekolah gue ketemu kepala sekolah di depan TU( Tata Usaha), dia nanya ‘lombanya jadi, gimana juara nggak ?’

‘Jadi. Alhamdulillah juara tiga pak’ jawab gue datar.

‘Selamat ya’ kepala sekolah mengulurkan tangan yang langsung gue sambut. Cukup dengan ucapan selamat dari kepala sekolah gue udah seneng karena masih dianggap. Itu pun karena gue juara 3 coba sama sekali nggak juara. Mungkin ucapan selamat aja nggak muncul dari mulutnya.

Semenjak gue juara 3 di SMA Madania. Gue masih sering open mic. Ikut sharing bareng stand up indo depok. Belajar menggali potensi stand up dalam diri gue. Lalu gue ikut lomba lagi di Istora Senyan. Kali ini gue lomba dengan Damar lagi dan kali ini Damar juga ikut serta dalam lomba dan menjadi lawan gue. Hasil dari lomba itu Damar menjadi juara satu dan gue ? gue nggak dapet apa-apa. Tapi di lomba itu gue cukup berkesan karena dijuriin sama Alit susanto penulis favorit gue. Selain Damar ada juga Indra SUCI 5 yang sewaktu itu dia belum terkenal. Dari stand up gue kenal banyak temen yang sekarang udah sukses didunia stand up. Sukses karena tekun dalam menjalaninya.

Gue berhenti stand up waktu PKL (Praktek Kerja Lapangan) di Bandung. Gue pun nggak bisa merasakan panggung stand up selama PKL. Hasilnya ketika gue mencoba stand up lagi, rasanya udah beda. Udah nggak seperti dulu. Gue seperti orang asing saat mencoba open mic. Lucu ? nggak. Sama sekali nggak lucu.

Sekarang gue cuma menjadi penikmat stand up comedy. Ya, cukup menjadi penonton lagi. Banyak beberapa orang yang nyuruh gue ikut stand up comedy lagi. Apalagi sekarang lagi buming stand up comedy akademi di indosiar. ‘Kal kok nggak ikut stand up di Indosiar ?’ gue cuma bisa bilang ’nggak’ dan ‘nggak’. Gue udah cukup untuk melucu depan orang diatas panggung. Bukannya sombong atau merasa jago stand up. Bukan. Gue sama sekali nggak jago. Justru itu yang membuat gue nggak stand up lagi. Gue pengen tekun di dunia blog dan tulis menulis. Ketika gue stand up, blog ini terlantar begitu saja. Sampe gue lupa paswordnya, untung aja ingatan gue masih bagus dan blog ini bisa dibuka lagi.

Bukannya sombong nih ya sumpah bukannya sombong *ngibas rambut*


Saat ini gue pengen tekun menulis. Rajin dan semangat. Sama kayak waktu stand up dulu. Gue yang semangat terus bekerja keras buat meraih juara di lomba SMA Madania akhirnya berhasil meskipun berhenti ditengah jalan. Itu akan menjadi pelajaran bagi gue, jika suatu saat nanti gue berhasil di dunia tulis menulis. Gue nggak akan pernah berhenti lagi. Gue akan terus menulis dan menulis sampai jari jemari gue nggak mampu lagi untuk mengetik dan sampai otak gue nggak bisa lagi merangkai kata-kata. Andaikan gue nggak pernah mencoba stand up…mungkin gue nggak akan bisa menulis cerita ini.

Semoga postingan ini bermanfaat buat lo yang baca. Gue sama sekali nggak ada niat untuk menyombongkan diri kalo gue bisa stand up dan pernah juara. NGGAK. Sama sekali nggak. Gue cuma pengin sharing dengan kalian. Berbagi cerita yang mampu memotivasi untuk terus menekuni apa yang telah kalian pelajari sekarang. Terus berjuang sampai titik darah penghabisan. Jangan berhenti sebelum mimpi itu terwujud. Meskipun sudah terwujud jangan tinggalkan ketekunan lo itu, tetap disitu dan jangan pergi. Jika lo serius dengan apa yang lo tekuni, percaya deh lo pasti akan berhasil.


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

Super Stars

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Post

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Friendzone